Mahasiswa Teknik Sipil Harus tau Fungsi Software ini !

Buat mahasiswa-mahasiswa dan fresh graduate Teknik Sipil, bertanyalah pada diri kita sendiri, apakah penguasaan komputer kita telah memadai? Aplikasi office MS word dan Excel sih standar semua orang, bukan standar teknik Sipil. Bukankah begitu? Tapi khusus untuk Excel, aku sarankan untuk menguliknya sampai taraf advanced. Banyak rahasia kekuatan Excel tersembunyi yang sungguh berguna untuk insinyur-insinyur.

Ternyata banyak juga ya perangkat lunak yang berguna bagi mahasiswa dan alumni teknik sipil jika saya amati dan alami.

Software Untuk Menggambar, AUTOCAD

Di tingkat 1, ada mata kuliah gambar teknik atau konstruksi bangunan, khan? Setelah lulus mata kuliah itu, seharusnya mahasiswa mulai mendalami Autocad terbaru full. Dalam pekerjaan konkrit, gambar-gambar detail bangunan dibuat dengan program ini. Autocad adalah software untuk gambar teknik. Software ini digunakan untuk membuat detil gambar dari perencanaan. Contohnya rinci perencanaan gedung dan jembatan. sungguh Sayang, dulu waktu jaman saya kuliah tahun sembilan puluh tiga hingga 98-an, dalam kegiatan asistensi ternyata tidak sedikit asisten dosen, terutama dari kalangan senior, yang justru tak menguasai Autocad.

Oh iya, AutoCad juga ternyata bisa digunakan sebagai alat bantu perhitungan Mekanika Teknik. Saya pernah menggunakan AutoCad 2017 untuk menghitung gaya-gaya batang pada struktur Rangka Atap dengan cara grafis atau metoda Cremona, lantaran tidak pendek vektor-vektor gaya dan sudut-sudutnya bisa dihitung dengan sungguh tepat. Jauh lebih tepat ketimbang dengan pensil, penggaris, busur derajat, dan kertas berpetak pasti